Rabu, 16 September 2015

Rian Saadillah

5 Cara Skripsimu Cepat Kelar Dalam Tempo 1 Bulan

Setelah 3 tahun mencicip bangku kuliah, ngerasain serunya telat bareng temen 1geng, nunggu kelas berikutnya di kantin kampus sambil ngecengin makhluk bening, udah tutup teori dan udah KKN tibalah waktunya short horror story, yaitu tidak lain dan tidak bukan buat tugas akhir/skripsi.

Kalo skripsi buat mahasiswa yang study oriented yang punya semangat tinggi buat nyelesein studinya mah mulus2 aja. Bahkan dia bisa lulus tepat 3,5 tahun masa studinya, trus buat yang mahasiswa rata-rata paling gak mereka ngabisin waktunya 4-5 tahun masa studi. Tapi apa kabar sama mahasiswa yang betah banget ngendon di kampusnya alias maba (mahasiswa abadi) yang kalo tiap ada moment lebaran nyiapin cara bersilat lidah biar bisa jawab kalo ditanyain sanak sodara.

Pakde : loh le bukannya kamu tu seangkatan sama si anu. Angkatan 2006 kan?
Kamu : iya pakde *senyum2 sambil liat sekitar
Pakde : Lah jadi udh 9 tahun kamu kuliah?hahahaha *ketawa jumawa
Kamu : kam****.

Nah biar ngenesmu segera berakhir di tahun ini dan menyambut tahap perkembangan selanjutnya  sebagai manusia serta menyongsong tuntutan sosial yang lebih drama di kedepannya, coba pantengin tips ini jika kamu udah bosen bergelut di bidang skripsi dan revisi bertubi2…

1.Tebelin niat 


Yak niat ni penting banget. Soalnya ini adalah dasar dari sebuah tindakan nyata. Percuma kalo sering dengerin motivator sekaliber Mario teguh dan nyatet quote-quote kerennya tapi kalo gak ada niatan dari hati mah sama aja boong. Nol besaaaar..!!!So, Kalo kamu niatnya fokus bener-bener buat nyelesein skripsi, maka segeralah untuk membuka laptop dan mulailah mengetik

2.Ternyata niatmu kendor di tengah jalan… 


Tenang, jika kamu mengalami hal ini. Wajar karena kamu ngelakuin sesuatu yang gak biasa kamu lakuin sebelumnya. Ajakan teman buat nongkrong di kafe, pacar yang mendadak rewel, orang tua yang tiap hari nanyain studi kamu itu salah 3 dari faktor eksternal penyumbang niatmu terbelah. Nah tugas kamu adalah tegas terhadap semuanya dan mintalah mereka untuk mendukung gerakanmu 30 hari bergelut dengan skripsi. Jangan takut mereka akan menjauhimu. Jika mereka sayang sama kamu, mereka akan support kamu habis-habisan. Kalo temen ato pacar gak support dan tambah nyinyir?

3.Bayangkan kamu melangkah dengan anggun/gagah di podium saat menerima ijazah saat wisudaan.  


Bayangkan orang tuamu tersenyum bangga seakan mengatakan’itu yang di podium tuh anak gueh’. Bayangkan kamu dapet kerjaan di tempat yang kamu idam-idamkan selama ini. Wait..wait..wait..??itu kan Cuma bayangan ?Makanya sob, itulah hasil akhir indah yang bakal kamu temui jika kamu focus mengerjakan skripsi. Jadi gimana? Masi pengen lalalili sama temen ato pengen selesein studi yang udah kamu awali beberapa abad tahun yang lalu?

4.Mau gak mau kamu harus ngadepin dosen pembimbingmu. 


Iya benerrr, dosen pembimbing. Mungkin kamu tipe mahasiswa avatar yang suka ngilang kalo abis dapet revisian dan coretan yang seakan-akan membabi buta dari dosen pembimbing dan itu bikin males buat balik ke ruangan beliau lagi. Itu sih aman buat sementara tapi kalo udah berlanjut skripsimu gak bakal kelar dan dosen pun sangat dengan mudah mengalihkan perhatian ke mahasiswa yang lebih unyu dan rajin tatap muka sama beliau.siapa yang rugi?Jawab sendiri deh. Trus gimana kalo udah kejadian?walopun terlambat tapi tidak ada kata terlambat untuk memulai kembali. Pertebal niat, pertebal muka untuk kembali menghadap ke dosbing. Mulailah perkenalan dan sudahi dengan janji membawa itikad yang baik untuk menyelesaikan skripsi. Di awal mungkin dosen akan berada di atas angin, tapi kalo kamu selalu kembali setelah mendapat coretan bertubi-tubi, maka dosen pun akan luluh. Selalu sharing apa kendalamu dan dosen akan senang hati memberi solusi untuk mempercepat masa pembuatan skripsimu.Apalagi kamu mahasiswa semester duaribu tua. :p

5.Buat perkumpulan mahasiswa semester tua yang belum lulus 


Emm istilahnya skripsi camp. Ya gak camping beneran sih tar malah lain crita. Jadi kumpulin beberapa mahasiswa tua dari berbagai angkatan dan saling berbagi apa kendalanya. Trus pinjam fasilitas kampus kayak hall ato salah satu ruang yang jarang dipake. *kalo bisa banyak colokan.Jadi ngerjain bareng-bareng di ruangan itu pake laptop masing-masing. Istilah senasib sepenanggungan bisa terjadi di sini. Kerjain konsisten dari jam 8 pagi-4 sore. Kalo bisa lobi dosen yang membumi yang kalian kenal dan bersedia menjadi dosen jaga di ruangan itu sebagai tempat kalian bertanya. Kalo kalian butuh referensi tinggal ke perpus fakultas. Kalo mau bimbingan tinggal jalan ke ruangan dosen pembimbing masing-masing. Mau solat buat mempertebal iman tinggal ke mushola,hehehe. Intinya akses kalian dipermudah sehingga meminimalisir kemalasan. Bayangin kalo kamu ngerjain sendiri dan di rumah /kost pula. Wah malas kuadrat.

Intinya selalu ada hal yang perlu kita korbankan untuk mencapai sesuatu hal yang penting di kehidupan kita. Tinggal perkuat niat dan mulailah melangkah. Hal itu akan mendekatkan dengan  goal kita jika sudah dimulai. So what are you waiting for..ditunggu wisudanya dan makan makaaan!!!

*Tulisan ini didedikasikan untuk konco lawasku yang masih berkutat di fase ini dan belum memulai.Semoga baca dan tergugah untuk memulai

From
Susanti Indah Hidayati

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :